Peringatan Hasiarnas, Ansar: Momentum Promosikan Kepri untuk Pemulihan Ekonomi

Kepulauan Riau44 Dilihat

KEPRI – Pemprov Kepri mulai melakukan persiapan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) ke-90. Sebab, tahun 2023 ini, Provinsi Kepri mendpaat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Harsiarnas yang bertema “Siaran Sehat Pemilu Bermartabat”.

Pada Minggu (2/7), Gubernur Kepri Ansar Ahmad, menggelar dan sekaligus memimpin Rakornas bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) di Gedung Daerah, Tanjungpinang. Turut hadir, Asisten II Setdaprov Kepri Luki Zaiman, Ketua KPID Kepri Hengky Mohari, Komisioner KPI Pusat, anggota Tim Percepatan Pembangunan, dan sejumlah Kepala OPD Pemprov Kepri.

Menurut Ansar, penetapan Harsiarnas sangat penting, karena melalui peringatan tersebut masyarakat dapat memahami bahwa fungsi penyiaran tidak hanya terbatas pada memberikan informasi, hiburan, pendidikan, dan kontrol sosial, tetapi juga dalam menjaga nilai-nilai moral, tata susila, budaya, kepribadian, dan kesatuan bangsa.

Rangkaian acara Harsiarnas di Kepulauan Riau akan difokuskan di Kabupaten Bintan, khususnya di kawasan Bintan Lagoi Resort. Acara ini akan dimulai dengan Kick Off Harsiarnas ke-90 Tahun 2023 pada tanggal 15 Juli 2023 di Tugu Sirih Tanjungpinang. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan Welcome Dinner dan Pembukaan Rakornas KPI se-Indonesia di Doulos Phos pada tanggal 10 Agustus 2023. Pelaksanaan Rakornas KPI se-Indonesia Tahun 2023 akan dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2023.

Selain itu, akan diadakan juga Dialog Interaktif dengan tema “Penyiaran Merawat Perbatasan”, yang akan disiarkan langsung di pantai Lagoi Bay pada tanggal 12 Agustus 2023. Pada hari yang sama, akan dilakukan juga kegiatan penanaman mangrove oleh pelajar dan insan pers. Workshop Literasi Sejuta Pemirsa dan Sosialisasi Pemilu di Provinsi Kepri akan dilaksanakan di Plaza Lagoi Bay pada Sabtu, 12 Agustus 2023. Puncak peringatan Harsiarnas Tahun 2023 direncanakan akan dihadiri oleh Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika, Mahfud MD, pada tanggal 12 Agustus 2023.

Gubernur Ansar menyampaikan bahwa even nasional seperti Harsiarnas ini sangat baik untuk mempromosikan Provinsi Kepulauan Riau, karena hadir dalam acara ini adalah insan pers dari seluruh Indonesia. Ia juga meminta dukungan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dalam mendukung suksesnya acara ini.

“Saya lihat persiapan dan materinya sudah baik, karena ini acaranya scope nasional maka harus bisa kita maksimalkan, yang datang harus kita jamu dengan baik,” kata Gubernur Ansar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri Hasan, S.Sos menyebutkan peserta yang datang adalah komisioner KPI dari seluruh Provinsi di Indonesia, ditambah anggota lembaga penyiaran dan insan pers yang lainnya.

“Biasanya Hasiarnas itu dilakukan berbeda tempat dan waktunya dengan Rakornas KPI se-Indonesia, tahun ini di Provinsi Kepri Hasiarnas dan Rakornas dilaksanakan berbarengan jadi ini momen yang istimewa,” kata Hasan.

Ketua KPI Pusat, Ubaidillah, mengakui kerjasama yang sangat baik antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan KPI Pusat sudah terjalin dalam mempersiapkan Harsiarnas ke-90 Tahun 2023.

“Luar biasa komunikasi kami dengan Diskominfo Kepri dan KPID Kepri selalu lancar dan juga persiapan di daerah juga matang, kami yakin dengan kerjasama yang baik Hasiarnas tahun ini bisa berjalan dengan sukses,” ujar Ubaidilah.

Diharapkan dengan pelaksanaan Harsiarnas ke-90 Tahun 2023, Provinsi Kepulauan Riau dapat menjadi tuan rumah yang sukses dan memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan penyiaran yang sehat dan bermartabat di Indonesia.

Penulis: Baringin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *